Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 12, 2024

Justin Hubner: Dari Liga Inggris ke Jepang, Turun Kasta? - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Bek Timnas Indonesia Justin Hubner memutuskan berkiprah di Liga Jepang bersama Cerezo Osaka pada 2024. Apakah ini artinya turun kasta?

Hubner membela Osaka dengan status pemain pinjaman dari Wolverhampton Wanderers. Ini keputusan mendadak yang cukup mengejutkan sebab masa depan Hubner terbilang cerah.

Pemain 20 tahun ini menyandang ban kapten Wolves U-21. Ia juga salah satu pemain U-21 yang mulai dipromosikan ke tim utama. Meski belum debut, namanya sudah masuk daftar susunan pemain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perjuangan Hubner untuk tampil di kasta tertinggi Liga Inggris tidak mudah. Perjalanan ini sudah dirintis pada 2019/2020 atau saat usianya masih 17 tahun.

ADVERTISEMENT

Awalnya hanya dua laga di musim 2019/2020, Hubner main 22 kali pada musim 2020/2021. Musim selanjutnya Hubner dipromosikan ke Wolves U-21 sambil tetap main di Wolves U-18.

Sempat hanya main sekali pada musim 2020/2021, Hubner main 13 kali pada 2021/2022 dan 17 kali pada 2022/2023. Sedangkan musim ini ia sudah main sebanyak 12 kali.

Semua ini tentu saja dilakukan mantan pemain binaan Willem II dan Den Bosch ini untuk bisa main di kompetisi paling elite di dunia saat ini, Premier League.

Saat tanda-tanda seperti berpihak pada Hubner, mulai dipromosikan ke tim utama, Hubner malah bergabung dengan Cerezo Osaka. Di klub ini Hubner akan main dengan mantan pemain Manchester United, Shinji Kagawa.

Apakah berkiprah di Liga Jepang merupakan penurunan? Atmosfer sepak bola Inggris dan Jepang jelas berbeda, tetapi tetap ada hal positif yang bisa dipetik.

Menjadi pilihan utama Wolverhampton Wanderers tentu saja tidak mudah. Jika kualitas Hubner dianggap belum sampai, klub tidak akan pernah memberinya kesempatan.

Sedangkan kans Hubner bermain di Jepang sangat tinggi. Dengan status pemain asing, kualitas Hubner niscaya dieksploitasi habis-habisan. Tenaga mudanya akan diasah.

Sebagai salah satu kompetisi tertinggi di Asia, sejatinya level Jepang tidak begitu tertinggal dari Inggris. Kiprah klub-klub Jepang di Piala Dunia Antarklub jadi buktinya.

Bermain di Jepang sekaligus pula akan semakin mengenalkan Hubner dengan kultur sepak bola Asia. Ini akan menjadi pelajaran berharga untuk menatap masa depan bersama Timnas Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)

Adblock test (Why?)


Justin Hubner: Dari Liga Inggris ke Jepang, Turun Kasta? - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Presiden Jokowi Saksikan dan Serahkan Trofi Juara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 - Presiden RI

[unable to retrieve full-text content] Presiden Jokowi Saksikan dan Serahkan Trofi Juara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024    Preside...