Rechercher dans ce blog

Monday, July 17, 2023

Mengenal Servis Floating Anurak yang Bikin Timnas Voli Indonesia Repot - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Servis floating merupakan salah satu teknik dalam mengawali laga di arena bola voli, seperti yang kerap dilakukan pemain Thailand saat menghadapi Indonesia di Asian Volleyball Challenge (AVC) Challenge Cup 2023.

Anurak Phanram bak momok ketika melepas servis. Bola yang dilepaskan tidak menukik tajam. Alih-alih meluncur keras ke daerah permainan lawan, bola justru seperti mengambang dan tak jarang membuat lawan kesulitan.

Sebenarnya tak cuma Anurak yang melakukan servis tersebut, pemain-pemain lain termasuk dari Indonesia bisa melakukan float service seperti itu.

Lantas apa sebenarnya servis floating dalam bola voli?

Dalam olahraga voli, servis adalah hal yang dilakukan pertama kali untuk mengawali pertandingan. Float service adalah salah satu cara dalam melakukan servis.

Sesuai dengan namanya float service adalah teknik melakukan servis yang membuat bola mengapung atau mengambang. Pukulan yang diberikan pemain membuat bola terlontar dengan sedikit atau bahkan tanpa putaran. Terlihat tidak kencang, pukulan servis ini justru berbahaya.

Karena bergerak di udara tanpa berputar, maka bola dipengaruhi gaya dan tekanan udara sehingga ada turbulensi. Hal itu membuat bola sulit diprediksi ketika jatuh. Andaikata bisa diterima lawan, tak jarang bola malah menjauh dari bidang permainan dan lawan gagal melakukan serangan dengan baik.

Jika dilakukan dengan benar, kerap kali servis floating ini menghasilkan ace alias tak bisa dikembalikan lawan.

Guna mengantisipasi servis floating dari Thailand, pelatih Indonesia di ajang SEA V League 2023 Samsul Jais menerangkan anak asuhnya akan menjalani latihan penerimaan bola servis floating secara khusus.

Indonesia terbukti bisa menerima jump serve yang kencang dari lawan, saat melawan Bahrain, Sri Lanka, atau Kazakhstan, namun mengalami masalah ketika menghadapi servis floating dari Thailand dan Australia pada AVC Cup 2023.

Kubu tim Merah Putih juga punya beberapa pemain yang bisa melepaskan servis floating seperti Hendra Kurniawan dan Malizi.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)

Adblock test (Why?)


Mengenal Servis Floating Anurak yang Bikin Timnas Voli Indonesia Repot - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Hasil Euro 2024 Spanyol vs Georgia: Skor 4-1 - Bola.net

Bola.net - Timnas Spanyol sukses mengganyang Timnas Georgia di pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di RheinEnergieStadion, Senin (01...