Rechercher dans ce blog

Monday, July 17, 2023

Badminton Asia Junior Championships 2023: Mutiara Ayu Puspitasari Jadi Juara, Indonesia Raih Satu Gelar - Sport Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia meraih satu gelar juara di Badminton Asia Junior Championships 2023, melalui pemain tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari. Bermain di GOR Amongraga, Yogyakarta, dia berhasil mengalahkan wakil Korea Selatan, Kim Min Ji, dengan skor 21-11, 21-17, pada Minggu, 17 Mei 2023.

"Senang rasanya bisa meraih kemenangan dua game langsung dan juara di turnamen ini. Rasanya sangat luar biasa," kata Mutiara, seperti dikutip dari keterangan tim media PBSI.

"Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini saya jadi tahu jika mau dan berusaha, saya yakin bisa," ujarnya menambahkan. 

Mutiara menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama dari sektor tunggal putri yang pernah menjadi juara di Kejuaraan Asia Junior seak digelar 1997.

Sebelumnya, Mutiara tampil tidak konsisten ketika turun di nomor beregu turnamen Badminton Asia Junior Championships 2023. Perannya pun kemudian digantikan oleh Ruzana. Saat turun di nomor individu, ia tampil konsisten.

"Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya," ucapnya.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari | Tim Media PBSI

Dalam kesempatan itu, Mutiara mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan kepadanya. "Gelar juara ini saya persembahkan buat keluarga yang sudah hadir, pelatih, PBSI, dan semua orang Indonesia yang memberikan dukungan buat saya."

Ini menjadi catatan manis buat Mutiara. Sebelumnya, dia juga menjadi juara Indonesia International Series 2023 di GOR Amorogo, Yogyakarta, juga. Saat itu, dia menjadi juara setelah menaklukkan seniornya, Stephanie Widjaja lewat pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 21-10, 22-20. 

Menurut Mutiara, lawan yang dihadapi terbebani dan bermain nervous. Ia pun mengaku merasakan hal yang sama, tetapi bisa mengatasinya. 

Pebulu tangkis kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 17 tahun, ini berharap bisa tampil konsisten. Terlebih, setelah ini, dia akan menghadapi kejuaraan yang levelnya lebih tinggi, yakni BWF World Junior Championships 2023 di Amerika Serikat pada 24 September hingga 8 Oktober 2023.

Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya mengincar gelar juara di BWF World Junior Championships 2023 setelah ini. Gelar juara di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen Kejuaraan Dunia," tutur Mutiara.

"Saya sendiri juga masih punya satu tahun lagi di usia saya untuk meraih gelar juara Badminton Asia Junior Championships. Sebisa mungkin saya mau fokus satu-satu terlebih dahulu sebelum menatap turnamen berikutnya," kata dia.

Cina menjadi juara utama di kejuaraan ini dengan meraih tiga gelar juara, dari sektor nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. Satu gelar lagi menjadi milik Korea Selatan, dari ganda putri.

Hasil final Badminton Asia Junior Championships 2023

Tunggal Putra: Hu Zhe An (Cina) vs Yudai Okimoto (Jepang) 13-21, 21-14, 21-14.

Tunggal Putri: Mutiara Ayu Puspitasari (Indonesia) vs Kim Min Ji (Korea Selatan) 21-11, 21-17.

Ganda Putra: Ma Shang Zhu Yi Jun (Cina) vs Chen Yong Rui/Hu Ke Yuan (Cina), 19-21, 21-16, 21-14.

Ganda Putri: Mei Sudo/Nao Yamakita (Jepang) vs Park Seul/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-19, 14-21, 23-21.

Ganda Campuran: Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin (Cina) vs Liao Pin Yi/Zhang Jia Han (Cina) 21-19, 21-18.

Pilihan Editor: Profil Marketa Vondrousova yang Cetak Sejarah dengan Menjadi Juara Wimbledon 2023

Adblock test (Why?)


Badminton Asia Junior Championships 2023: Mutiara Ayu Puspitasari Jadi Juara, Indonesia Raih Satu Gelar - Sport Tempo.co
Read More

No comments:

Post a Comment

Koeman Tak Sangka Belanda ke Semifinal, Pilih Lawan Spanyol di Final Euro 2024 - Kompas.com

KOMPAS.com -  Juru taktik timnas Belanda, Ronald Koeman , tidak menyangka timnya bisa melaju ke semifinal setelah menyingkirkan Turkiye di ...