Rechercher dans ce blog

Thursday, April 6, 2023

Presiden Jokowi soal Koster Tolak Kontingen Israel di World Beach Games Bali: Saya Belum Dapat Laporan - Kompas.com - Kompas.com

TUBAN, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengaku belum mendapatkan laporan terkait sikap Gubernur Bali I Wayan Koster yang menolak kehadiran kontingen Israel di ANOC World Beach Games di Bali.

"Saya belum dapat laporan," kata Joko Widodo, usai menanam padi bersama petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Gubernur Koster Tolak Kontingen Israel di ANOC World Beach Games Bali, Wagub Tunggu Arahan Jokowi

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kehadiran kontingen Israel dalam ajang ANOC World Beach Games Bali yang akan digelar pada 5-12 Agustus 2023.

Koster menyebutkan, penolakan tersebut didasarkan pada amanat Konstitusi Republik Indonesia dan Permenlu.

Baca juga: Tolak Tim Israel di ANOC World Beach Games Bali, Koster: Dasarnya Konstitusi dan Permenlu

"(Berdasarkan) pada konstitusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019," kata dia usai menghadiri acara di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu (5/4/2023).

Dalam Permenlu disebutkan, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Selain itu, kata Koster, Permenlu juga memuat larangan pengibaran atau penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya, dan pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.

"Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Koster.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Presiden Jokowi soal Koster Tolak Kontingen Israel di World Beach Games Bali: Saya Belum Dapat Laporan - Kompas.com - Kompas.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Presiden Jokowi Saksikan dan Serahkan Trofi Juara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 - Presiden RI

[unable to retrieve full-text content] Presiden Jokowi Saksikan dan Serahkan Trofi Juara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024    Preside...