Rechercher dans ce blog

Monday, May 13, 2024

Skenario Man City dan Arsenal Juara Liga Inggris, Selisih Gol Bisa Menentukan - Kompas.com

KOMPAS.com - Manchester City dan Arsenal tengah bersaing ketat memburu gelar juara Liga Inggris 2023-2024.

Arsenal kembali ke posisi teratas klasemen setelah menang 1-0 atas Manchester United pada pekan ke-37 Liga Inggris, pada Minggu (12/5/2024).

Tim berjuluk Meriam London itu naik lagi ke puncak dan menggeser rival terdekat, Manchester City, yang menaklukkan Fulham 4-0 pada Sabtu (11/5/2024).

Kini, Arsenal memimpin klasemen dengan 86 poin, unggul satu angka atas Manchester City di posisi kedua.

Man City asuhan Pep Guardiola memiliki keuntungan lantaran mereka masih menyisakan dua laga Liga Inggris. Sementara, Arsenal hanya tinggal menjalani satu pertandingan Premier League.

Persaingan kedua tim berebut titel juara Premier League akan ditentukan hingga pekan ke-38.

Berikut permutasi yang bisa terjadi pada pekan terakhir Liga Inggris 2023-2024.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Man City Geser Arsenal, Singkirkan Liverpool

Manchester City Juara

The Citizens bisa memperoleh gelar juara Liga Inggris untuk keempat kali secara berturut-turut, apabila menang dalam dua laga liga tersisa. 

Manchester City akan menghadapi Tottenham Hotspur (14/5/2024) dalam laga tandang dan West Ham (19/5/2024) di kandang.

Laga melawan Spurs bakal terasa krusial, baik bagi City maupun Arsenal. Apabila City imbang atau kalah dari Tottenham, peluang untuk menjadi juara masih terbuka.

Tim asuhan Guardiola bisa tetap juara meski tak menuai tripoin kala melawan Spurs, dengan syarat mereka membekuk West Ham pada pekan pamungkas dan Arsenal gagal menang atas Everton.

Leandro Trossard merayakan gol bagi Arsenal. Partai Liga Inggris Manchester United vs Arsenal berlangsung di Old Trafford, Manchester, pada Minggu (12/5/2024) malam WIB.AFP/PAUL ELLIS Leandro Trossard merayakan gol bagi Arsenal. Partai Liga Inggris Manchester United vs Arsenal berlangsung di Old Trafford, Manchester, pada Minggu (12/5/2024) malam WIB.

Arsenal Juara

Nasib tim asuhan Mikel Arteta ditentukan dengan hasil pertandingan Manchester City dalam dua laga tersisa mereka.

Arsenal perlu menang atas Everton guna menjaga asa meraih gelar juara Liga Inggris pertama setelah musim 2003-2004.

The Gunners juga perlu berharap Man City tak memenangi dua laga sisa melawan Tottenham dan West Ham.

Mikel Arteta pun berharap Tottenham bisa mempersulit rival terdekat timnya dalam perebutan gelar juara.

“Kami tahu kami membutuhkan (kemenangan atas Spurs), dan mereka adalah tim yang sangat sulit untuk dilawan seperti yang kita lihat beberapa pekan lalu, namun semoga saja mereka bisa melakukannya," kata Arteta.

Arsenal masih bisa menjadi juara dengan raihan hasil seri kala melawan Everton. Namun, anak asuh Arteta mesti berdoa City hanya menuai satu poin dalam dua partai kontra Tottenham dan West Ham. 

Baca juga: Arsenal dan Man City Menderita, Liverpool Berpesta

Juara ditentukan selisih gol

Titel Premier League 2023-2024 masih bisa ditentukan dengan perhitungan selisih gol. Hal ini akan terjadi apabila Arsenal dan Man City menutup musim dengan poin identik.

Skenario ini bisa terjadi andai Arsenal bermain seri saat melawan Everton, dan Man City memetik dua angka kala dalam perjumpaan dengan Tottenham dan West Ham.

Jika begitu, maka Arsenal dan Man City akan sama-sama menutup musim dengan perolehan 87 angka.

Selisih gol juga bakal jadi pemisah andai Arsenal takluk dari Everton pada pekan pamungkas, sementara Man City hanya memetik satu poin dalam dua partai sisa mereka melawan Spurs dan West Ham. 

Dalam skenario itu, kedua tim akan sama-sama punya 86 poin. Poin identik 89 juga bisa terjadi apabila City menuai empat angka dalam dua laga sisa, sementara Arsenal melibas Everton.

Untuk saat ini, Arsenal superior dalam hal selisih gol. Selisih gol The Gunners adalah +61, berbanding +58 milik City.

Apabila nantinya pada akhir musim poin dan selisih gol kedua tim sama, maka produktivitas gol yang jadi penentu.

City saat ini lebih subur dengan torehan 91 gol, unggul dua buah dari Arsenal (89 gol).

Nah, andaikata nanti Arsenal dan City punya poin, selisih gol, dan produktivitas identik, maka kriteria penentu berikutnya adalah head-to-head.

Dalam hal ini Arsenal unggul usai mengalahkan City 1-0 di Emirates pada Oktober 2023 dan bermain imbang 0-0 kala ganti bertamu ke rumah sang rival di Etihad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)


Skenario Man City dan Arsenal Juara Liga Inggris, Selisih Gol Bisa Menentukan - Kompas.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Prediksi Arsenal vs PSG 2 Oktober 2024 - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Prediksi Arsenal vs PSG 2 Oktober 2024    Bola.net Arsenal Vs PSG: Arteta dan Enrique, Dulu Kawan ...