Rechercher dans ce blog

Monday, January 8, 2024

Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia - Kompas.com - Kompas.com

KOMPAS.com - Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dalam usia 78 tahun.

Kabar duka mengenai meninggalnya Franz Beckenbauer diumumkan pihak keluarga, seperti dikutip dari BBC Sports, Senin (8/1/2023).

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan, suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya, kemarin Minggu (7 Januari), dikelilingi keluarganya," demikian pernyataan dari keluarga kepada kantor berita Jerman, DPA.

"Kami meminta Anda membiarkan kami berduka dalam hening dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun," lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Kilas Balik Piala Dunia 1974: Beckenbauer Vs Cruyff di Final, Jerman Juara

Franz Beckenbauer merupakan salah satu pemain sepak bola terhebat yang pernah ada.

Ia memenangi Piala Dunia sebagai kapten Jerman Barat pada 1974 dan kembali mengangkat trofi sebagai pelatih pada 1990.

Beckenbauer, yang semasa bermain menempati posisi bek, bermain 582 kali untuk Bayern Muenchen dan memenangi kompetisi papan atas Jerman sebagai pemain dan pelatih.

Dijuluki Der Kaiser, sebagai pemain, ia memenangi Kejuaraan Eropa pada 1972 serta dua kali Ballon d'Or, yakni pada 1972 dan 1976.

Baca juga: PSG Vs Bayern, Ditanya Peluang Juara Die Roten, Begini Respons Franz Beckenbauer

Bayern, klub paling sukses di Jerman, pun menyampaikan dukacita.

"Dunia FC Bayern tidak lagi seperti dulu. Tanpa Beckenbauer, Bayern tidak akan pernah menjadi klub seperti sekarang ini," demikian Bayern.

Sebelum bermain di posisi ikoniknya sebagai penyapu pertahanan, Beckenbauer pernah menjadi gelandang saat mengawal legenda Inggris, Sir Bobby Charlton, di final Piala Dunia 1966, yang dimenangi Inggris dengan skor 4-2. 

Dia juga mencetak empat gol di Piala Dunia 1966, saat berusia 20 tahun, dan memenangi penghargaan sebagai pemain muda terbaik turnamen tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Meninggal Dunia - Kompas.com - Kompas.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar 8 Tim Negara Lolos ke Perempat Final Euro 2024 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Delapan tim negara telah lengkap mengisi slot perempat final Euro 2024 . Berikut delapan tim negara yang lolos k...