Rechercher dans ce blog

Monday, December 4, 2023

Analisis Lorenzo: Ducati Sebenarnya Tak Inginkan Marquez, tapi.... - detikOto

Jakarta -

Ducati lewat tim satelit Gresini Racing meminang Marc Marquez dengan durasi satu tahun. Menurut Jorge Lorenzo, banyak petinggi pabrikan Borgo Panigale tidak menginginkan jasa Marquez, kecuali Gigi Dall'Igna.

General Manager Ducati Corse Luigi (Gigi) Dall'Igna membenarkan manajemen Ducati tidak setuju dengan kehadiran Marquez di brand asal Italia tersebut.

"Posisi Ducati memang seperti itu, mereka (Ducati) tidak menginginkan Marquez," ujar Gigi dicuplik dari AS, Senin (4/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gigi tidak menyebut alasan manajemen Ducati meragukan Marquez di Ducati.

Menurut eks pebalap Ducati, Jorge Lorenzo hanya Gigi yang menerima secara terbuka kedatangan Marquez ke Gresini. Di sisi lain, tim balap satelit punya kebebasan dalam menentukan pebalap, bukan Ducati Corse yang memberikan keputusan akhir.

"Dari luar, sulit untuk mengetahui apa pembicaraan yang terjadi antara orang-orang penting di Ducati, mereka yang benar-benar mengambil keputusan. Tapi dari yang saya tahu, satu-satunya orang yang mendukung kedatangan Marc Marquez di Ducati adalah Gigi Dall'Igna," ujar Lorenzo.

"Saya yakin Gigi telah melihat peluang di sana untuk menghadirkan pebalap terbaik dengan biaya nol atau dengan biaya yang sangat rendah. Sesuatu yang tidak terbayangkan di masa lalu. Beberapa atau tiga tahun, kesempatan seperti itu sulit untuk dilewatkan," kata dia.

Menurut analisa Lorenzo, ada alasan khusus di balik keraguan Ducati menerima Marquez. Salah satunya citra Marquez di publik Italia hingga kekhawatiran 'pencurian' data.

"Orang-orang lain (selain Dall'Igna) punya keraguan terhadap Marquez, mungkin dikarenakan beberapa faktor. Bisa jadi karena popularitas Marquez di Italia," kata Lorenzo.

"Mungkin karena Marquez bisa membuat para pembalap resmi dan pembalap Italia yang lebih muda menjadi berada di bawah bayang-bayangnya. Atau juga karena informasi yang bisa dibawa Marquez ke tim lain setelah hanya [dikontrak] satu tahun," sambung Lorenzo.

Marquez menjajal motor spek Johann Zarco, bukan spek Pecco dan Martin di musim 2023. The Baby Alien bisa menorehkan waktu tercepat dalam sesi tes Valencia. Torehan waktu itu terjadi pada lap ke-46 Marquez menorehkan waktu tercepat 1 menit 29,424 detik. Catatan waktu itu sempat bertahan di urutan pertama.

Torehan waktu Marquez ternyata lebih baik dari Enea Bastianini. Rekan setim dari Pecco berada di urutan kesembilan. Marquez menjadi pebalap tercepat keempat dalam sesi tes Valencia. Dia kalah 0,171 detik dari Maverick Vinales yang berada di urutan pertama.

Gigi bilang motor Desmosedici GP23 termutakhir yang dipakai Pecco dan Martin lebih rumit karena terdapat evolusi pada perangkat motor. Gigi mengkhawatirkan kalau motor yang sama dipakai kepada tim satelit justru merepotkan.

"Sepeda motor Bastianini, Bagnaia dan Martín mengalami lebih banyak evolusi, namun menimbulkan beberapa masalah, jadi kami menganggap bahwa evolusi terbaru tidak akan mudah digunakan untuk tim pribadi (satelit)," tambah dia lagi.

Simak Video "Penuh Antusias Masyarakat Sambut Mandalika MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Adblock test (Why?)


Analisis Lorenzo: Ducati Sebenarnya Tak Inginkan Marquez, tapi.... - detikOto
Read More

No comments:

Post a Comment

Tak Dibatasi, Pebalap MotoGP Boleh Makan Apa Saja di Luar Balapan - detikOto

[unable to retrieve full-text content] Tak Dibatasi, Pebalap MotoGP Boleh Makan Apa Saja di Luar Balapan    detikOto Dorna: Indonesia Tak...