Rechercher dans ce blog

Sunday, November 5, 2023

Piala Dunia U-17: Mengenal 3 Calon Lawan Timnas U-17 Indonesia di Grup A - Bola Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Timnas U-17 Indonesia akan bersaing di grup A dalam babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023. Berdasarkan hasil undian yang digelar di markas FIFA, di Zurich, Swiss, September silam, skuad Garuda berada di satu grup dengan Ekuador, Panama, dan Maroko.

Tim asuhan Bima Sakti terhindar dari grup berat yang dihuni kekuatan-kekuatan utama sepak bola dunia. Namun, langkah Indonesia akan mudah untuk lolos dari fase grup bukan perkara mudah. Sebab, tiga negara asal Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Afrika tersebut tentu juga ingin mendapatkan tiket ke babak 16 besar. 

Berikut ini tinjauan mengenai tiga lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia U-17 serta potensinya untuk lolos dari Grup A.

Ekuador

Ekuador yang akan menjadi lawan pertama timnas Indonesia pada laga 10 November mendatang, bukan "anak baru" di Piala Dunia U-17. Berstatus tim peringkat kedua Piala Amerika Selatan U-17, Ekuador akan tampil untuk kali keenam di ajang ini.

Mereka memiliki bekal cukup baik sebelum terbang ke Indonesia. Saat menjadi tuan rumah untuk Piala Amerika Selatan U-17, Ekuador hanya kalah dari Brasil di pertandingan final, dan memiliki catatan empat kemenangan, tiga kali imbang, dan satu kali kalah selama turnamen tersebut.

Ekuador U-17 diasuh pelatih lokal Diego Martinez, yang telah menduduki posisinya sejak Juli 2022.

Di level internasional, Martinez belum memiliki banyak pengalaman. Sebelum menangani timnas Ekuador U-17, Martinez merupakan pemandu bakat di klub Independiente Del Valle dan LDU. Namun tim besutannya mampu membawa Ekuador menduduki peringkat kedua di Piala Amerika Selatan U-17 April silam. Hal itu tentu tidak dapat diremehkan.

Salah satu pemain yang layak mendapatkan perhatian di timnas Ekuador adalah penyerang LDU Michael Bermudez. Striker ini dapat menghadirkan dimensi serangan yang bervariasi saat memperkuat timnas Ekuador U-17.

Ia mengoleksi empat gol pada Piala Amerika Selatan U-17 silam, dan saat ini disebut-sebut tengah didekati sejumlah klub Eropa, termasuk Borussia Dortmund.

Sejauh ini, dari lima kali penampilannya di Piala Dunia U-17, Ekuador dua kali mampu lolos ke fase delapan besar. Pada partisipasi kali ini, Ekuador bertekad memperbaiki catatannya dengan lolos ke empat besar untuk pertama kalinya.

Panama

Catatan partisipasi Panama di Piala Dunia U-17 belum sementereng Ekuador. Namun mereka juga bukan anak baru, dengan keikutsertaan ketiga kalinya di perhelatan akbar para pemain muda ini.

Kekuatan sepak bola Panama sendiri saat ini tengah mengalami kebangkitan. Timnas senior mereka melakukan debutnya pada Piala Dunia 2018, kemudian timnas putrinya juga akan tampil pada Piala Dunia Putri 2023.

Namun penampilan Panama di Piala Dunia U-17 merupakan pertama kalinya setelah absen selama satu dekade. Sebelumnya Panama mencapai 16 besar saat melakukan debutnya pada 2018, saat mereka disingkirkan tuan rumah Meksiko. Sedangkan pada 2020, Panama gagal lolos dari fase grup.

Panama lolos ke Piala Dunia U-17 dengan menjadi semifinalis Piala CONCACAF U-17 Februari silam. Mereka tidak mengalami kendala untuk lolos fase grup turnamen itu, dan menang atas Kuba pada 16 besar sebelum menang 2-1 atas Honduras pada delapan besar.

Langkah Panama di turnamen tersebut terhenti akibat takluk dari tim yang kemudian menjadi juara, Meksiko, pada semifinal. Mereka kini dilatih Mike Stump, pelatih kelahiran Amerika Serikat, di Piala Dunia U-17.

Stump tercatat pernah melatih sejumlah klub papan atas Panama dan mengambil kendali kepelatihan timnas U-17 pada 2022.

Salah satu pemain yang tampil menonjol di Piala CONCACAF U-17 dari Panama adalah Kevin Walder. Pada ajang tersebut, Walder mengoleksi empat gol dan mencuri perhatian banyak orang dengan olah bola dan kemampuan penyelesaiannya. Dia juga menjadi satu-satunya pemain Panama yang terpilih masuk ke dalam team of the tournament Piala Dunia U-17.

Berikutnya, Timnas U-17 Indonesia dan Maroko

Adblock test (Why?)


Piala Dunia U-17: Mengenal 3 Calon Lawan Timnas U-17 Indonesia di Grup A - Bola Tempo.co
Read More

No comments:

Post a Comment

Shin Tae-yong Coret 3 Pemain Diaspora untuk Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026? PSSI Beri Penjelasan - tvOneNews.com

[unable to retrieve full-text content] Shin Tae-yong Coret 3 Pemain Diaspora untuk Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026? ...