Rechercher dans ce blog

Monday, May 22, 2023

Undian Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia di Pot Khusus - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 menempati pot khusus dalam undian atau drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung pada Kamis (25/5).

Mengacu rilis resmi konfederasi sepak bola Asia (AFC) Indonesia U-23 tergabung dalam pot tuan rumah. Otomatis Indonesia tidak masuk pot unggulan atau satu, juga dua, tiga, dan empat.

Tim asuhan Indra Sjafri ini tergabung dengan 10 tim lain yang bertindak sebagai tuan rumah. Ke-10 tuan rumah itu adalah Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Adapun skema yang digunakan AFC dalam pembagian pot adalah pencapaian dalam ajang sebelumnya. Sejatinya Indonesia berada di pot keempat karena tak lolos kualifikasi, tetapi dapat pot khusus karena jadi tuan rumah.

Dari total 43 peserta nantinya akan dibagi ke dalam 11 grup. Satu grup akan berisi empat tim dan ada satu tim yang hanya berisi tiga tim.

Pengundian grup akan berlangsung Kamis (25/5). Sementara pertandingan babak kualifikasi ini akan berlangsung pada 4-12 September 2023.

Setiap juara grup otomatis tampil di putaran final yang akan berlangsung di Qatar. Adapun tim runner up grup hanya dipilih empat saja. Empat runner up terbaik ini dipilih berdasarkan poin dan selisih gol.

Satu tim lainnya, untuk menggenapi 16 peserta, adalah tuan rumah Qatar. Karena Qatar tetap ambil bagian dalam babak kualifikasi, hasil pertandingan melawan Qatar tidak masuk hitungan kelolosan.

"Semua pertandingan yang melibatkan Qatar akan dianggap sebagai pertandingan persahabatan dan tidak diperhitungkan saat menghitung peringkat akhir grup," tulis AFC dalam rilis resminya.

Sementara itu Timnas Indonesia U-23 datang ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan status juara SEA Games 2023. Itu setelah Indonesia mengalahkan Thailand dalam partai final yang berlangsung di Kamboja.

Pot Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Pot 1: Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab

Pot 2: Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Republik Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor-Leste, Taiwan, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, China, Maladewa, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Utara, Guam, Makau, Pakistan, Qatar

Pot Tuan Rumah: Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, Vietnam

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)

Adblock test (Why?)


Undian Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia di Pot Khusus - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Liga Champions: 10 Pemain Barca Dikalahkan AS Monaco 1-2 - 20Detik

[unable to retrieve full-text content] Liga Champions: 10 Pemain Barca Dikalahkan AS Monaco 1-2    20Detik Walau Kalah, Barca Tetap Bangg...